Panduan Permohonan STR Epidkes

Panduan Permohonan STR Epidkes

Sesuai dengan undang-undang Nomor 36, 2014 bahwa setiap Tenaga Kesehatan yang menjalankan praktik wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR). STR diberikan oleh konsil masing-masing Tenaga Kesehatan setelah memenuhi persyaratan yang meliputi ijazah pendidikan di bidang kesehatan; Sertifikat Kompetensi atau Sertifikat Profesi; surat keterangan sehat fisik dan mental; surat pernyataan telah mengucapkan sumpah/janji profesi; dan pernyataan mematuhi dan melaksanakan ketentuan etika profesi.

Bagi Profesi Epidemiolog Kesehatan, persyaratan tersebut belum dapat dipenuhi seluruhnya, dan tidak menjadi persyaratan dalam permohonan STR Epidemiolog Kesehatan, yaitu :

1. Persyaratan adanya sertifikat kompetensi
2. Sumpah profesi

Pada kondisi tersebut diperlukan adanya pengaturan khusus bagi para profesi Epidemiolog Kesehatan dalam proses permohonan pembuatan STR online yang telah diberlakukan oleh Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia secara nasional.

STR Online versi 2.0 telah diberlakukan sejak 3 Januari 2019 dan berlaku bagi semua profesi kesehatan, menggantikan STR Online versi sebelumnya.

STR online versi 2.0 ini masih memerlukan penyempurnaan, dan oleh karena itu, panduan ini juga masih perlu perbaikan terus menerus.

Panduan ini merupakan penyempurnaan edisi sebelumnya yang dibuat tanggal 7 Januari 2019, 15 Januari 2019, dan 24 Januari 2019. Masukan dari berbagai pihak sangat diharapkan.

Untuk membuka laman STR online versi 2.0, klik disini.

Link Download:
1. Panduan Permohonan STR Epidkes
2. Proses Permohonan STR Epidkes