Persatuan Epidemiologi Cabang Kalimantan Barat Terbentuk

Persatuan Epidemiologi Cabang Kalimantan Barat Terbentuk

teraju.id. Pontianak – Persatuan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Cabang Kalimantan Barat, Sabtu 3 Februari 2018 akhirnya terbentuk berdasarkan hasil musyawarah cabang PAEI Kalimantan Barat. Bertempat di aula Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar – Pontianak. Dengan terbentuknya PAEI ini, menjadikan sebuah wadah organisasi bagi sarjana lulusan Epidemiologi yang ada di Kalbar. Sehingga dapat menjawab dan membantu pemerintah

teraju.id. Pontianak – Persatuan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Cabang Kalimantan Barat, Sabtu 3 Februari 2018 akhirnya terbentuk berdasarkan hasil musyawarah cabang PAEI Kalimantan Barat. Bertempat di aula Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar – Pontianak.

Dengan terbentuknya PAEI ini, menjadikan sebuah wadah organisasi bagi sarjana lulusan Epidemiologi yang ada di Kalbar. Sehingga dapat menjawab dan membantu pemerintah dalam melakukan pengukuran dan kajian frekuensi serta distribusi (Penyebaran) maupun determinat masalah kesehatan, pada sekelompok orang atau masyarakat dan determinannya (Faktor – faktor yang Mempengaruhinya).

Selain itu dengan terbentuknya pengurus PAEI ini, tentu kedepannya mampu menjawab tantangan kesehatan di Kalbar dalam menyelesaikan suatu perjalanan, dan pencegahan pada penyakit infeksi menular. Tapi, dalam perkembangannya hingga saat ini masalah yang dihadapi penduduk tidak hanya penyakit menular saja, melainkan juga penyakit tidak menular, penyakit degenaratif, kanker, penyakit jiwa, kecelakaan lalu lintas, dan sebagainya. Olehkarena itu, bidang epidemiologi lah yang dapat menjangkau hal tersebut.

PAEI yang saat ini di Ketuai oleh Anton Suprayogi SKM, MKM yang di pilih berdasarkan suara terbanyak ini, setidaknya akan membawa PAEI selam 5 tahun masa kepengurusan di Kalbar terhitung dari tahun 2018 hingga 2022.

Dijelaskan oleh Anton Suprayogi bahwa tahap awal dari terbentuknya PAEI ini, tentunya pengurus akan melakukan sosialisasi keanggotaan mengingat, para alumni Epidemiologi ini tersebar di 14 kabupaten kota di Kalbar. Baik itu yang bekerja di intutusi pemerintah seperti ; dinas kesehatan, rumah sakit juga lembaga pendidikan.

Hingga saat ini, baru terhimpun sekitar 45 orang saja, sehingga pihak PAEI mengharapkan para sarjana Epidemiologi dan teman-teman yang berlatar belakang pendidikan Epidemiologi, maupun yang sedang bekerja di ruang lingkup kegiatan epidemiologi dapat proaktif melakukan pendataan kepengurus PAEI cabang Kalimantan Barat di sekertariatnya yang berada di Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Jalan Ahmad Sood Pontianak.

Dari pengurus tersebut dengan masa kerja selama 4 tahun hingga 2022 kedepan nanti, tentunya akan terus melakukan kegiatan – kegiatan yang berlatar belakang Epidemiologi sebagai tantangan permasalahan kesehatan yang terjadi di bidang kesehatan pada saat ini.

“Kami akan menempatkan (PAEI) menjadi mitra kerja bagi institusi pemerintah dan bekerja bersama – sama dalam mewujudkan masyarakat yang sehat serta mandiri” tutup Anton Suprayogi, pada acara pembentukan PAEI cabang Kalbar.

 

Sumber: www.teraju.id

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *