Menkes Ungkapkan Tiga Epidemiologi Penyakit Dihadapi Indonesia

  • In Warta
  • 13 September 2018
  • 117 Views
Menkes Ungkapkan Tiga Epidemiologi Penyakit Dihadapi Indonesia

PAEI.or.id – Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengingatkan transisi epidemiologi yang dihadapi Indonesia akan tiga beban penyakit. “Tiga beban penyakit itu adalah pertama, telah bergesernya penyakit menular ke arah penyakit tidak menular,” ungkapnya dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, seperti dikutip dari rilis, Senin (12/11).

Menkes Nila mengingatkan beberapa penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, gagal ginjal, serta diabetes, dan kanker yang prevelansi kejadiannya meningkat. Hal ini terlihat dari Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018 oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Misal berdasarkan pemeriksaan darah, kasus Kencing Manis meningkat dari 6,9 % pada tahun 2013 menjadi 8,5% pada tahun 2018. Lalu Hipertensi berdasarkan pengukuran tekanan darah telah meningkat dari 25,8% pada tahun 2013 menjadi 34,1 % pada tahun 2018.

Kedua, muncul ancaman penyakit infeksi baru. Yakni seperti flu burung, ebola, dan TBC Resisten Obat. Ketiga, masyarakat masih dihadapkan pada masalah penyakit menular yang belum selesai, seperti Demam Berdarah, TBC, Malaria, HIV/AIDS, Filariasis, dan Kecacingan.

Untuk itu, Nila mengingatkan kampanye “Ayo Hidup Sehat dimulai dari Diri Sendiri”. Sebagai bentuk pencegahan, perilaku hidup sehat di masyarakat masih perlu ditingkatkan.

Hasil Riskesdas 2018 menunjukkan bahwa perilaku makan buah dan sayur yang cukup sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebanyak 5 porsi per hari pun baru mencapai 5 %. Lalu perilaku merokok pada remaja juga meningkat dari 7,2 % pada tahun 2013 menjadi 9,1 persen pada tahun 2018.

Sementara itu, perilaku aktivitas fisik juga masih perlu ditingkatkan. Karena masih 33,5 % penduduk di atas 10 tahun yang aktivitas fisiknya kurang.

“Saya berharap bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Program lndonesia Sehat dengan Pendekatan Ketuarga dapat diimplementasikan lebih operasional dan konkrit di tengah-tengah masyarakat,” kata Nila.

Sumber: www.gatra.com
[https://www.gatra.com/rubrik/kesehatan/364136-Menkes-Ungkapkan-Tiga-Epidemiologi-Penyakit-Dihadapi-Indonesia]

Keterangan Photo:
Menkes Nila Moeloek dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54, Menteri Kesehatan, Senin (12/10) (Dok. Kemenkes/re1)