alterntif text
alterntif text

Jalin Sinergitas, PAEI Sulsel Gelar Dialog Dengan Media Massa

Jalin Sinergitas, PAEI Sulsel Gelar Dialog Dengan Media Massa

PAEI SULSEL – Dalam rangka mengembangkan dan mensosialisasikan eksistensi profesi epidemiologi kepada seluruh stakeholder dan lintas sektor terkait, Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) menggelar dialog “Sinergitas PAEI dan Media Massa dalam Upaya Penanggulangan Current Issue Epidemiologi”, di Hotel Grand Imawan, Makassar, Jumat (18/8).

Ketua Panitia dialog Sinergitas PAEI dan Media Massa, Dr. Masriadi, mengungkapkan bahwa keberadaan PAEI sebagai organisasi profesi kesehatan di tingkat provinsi harus mampu berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan bagi masyarakat Sulsel.

“Kehadiran PAEI wajib memberikan masukan bagi pemerintah di Sulsel, olehnya itu PAEI juga sangat mengharapkan dukungan dari media sebagai sumber informasi terkait kejadian-kejadian yang berkaitan dengan masalah kesehatan, khususnya yang penyakit yang bersifat epidemiologi,” terang Masriadi.

Dirinya juga menyampaikan bahwa dengan adanya dialog yang digelar, pihaknya juga bisa mendapakan masukan dari sektor terkait dalam rangka peningkatan dan pengembangan profesi epidemiologi di Sulsel.

Sementara, Ketua Umum PAEI Cabang Sulsel, Prof Dr Ridwan Amiruddin, dalam pertemuan tersebut menyampaikan visi PAEI adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan metode epidemiologi dalam pemecahan masalah kesehatan.

“Misi PAEI yang utama adalah memberikan pandangan dan masukan kepada penentu kebijakan bidang kesehatan dari sudut pandang epidemiologi mengenai situasi kesehatan, kebijakan kesehatan serta kondisi masyarakat sebagai sasaran pelayanan kesehatan,” terang Ridwan.

Selain visi utama tersebut, lanjutnya, PAEI juga melakukan peningkatan capacity building bagi petugas kesehatan dalam bidang epidemiologi untuk mengemban berbagai tugas, mulai dari pelaksana, perencana, hingga pengambilan keputusan. [Sumber: Kesmas ID/rakyatsulsel.com]